Feb 24, 2016

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apakah pernah memakan masakan kacang kapri?  Kacang kapri adalah salah satu jenis polong-polongan yang banyak digunakan dalam masakan. Kacang kapri adalah sejenis tumbuhan sayur yang memiliki nama ilmiah Pisum sativum L dan termasuk dalam suku polong-polongan.  Tanaman kacang kapri memiliki tinggi rata-rata sekitar 3,5 m dengan bentuk daun yang menyirip.  Tanaman kacang kapri memiliki bunga berwarna putih.  Sedangkan buahnya memiliki panjang sekitar 3 hingga 11 cm.  Didalam buah terdapat 3 hingga 11 biji kacang kapri.  Biji kacang kapri umumnya memiliki bentuk bulat atau keriput berwarna hijau.  Di Indonesia sendiri, kacang kapri juga dikenal dengan sebutan kacang polong atau kacang ercis.Tak hanya enak, kacang kapri juga mengandung vitamin, mineral, serta nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dari kandungan kacang kapri tersebut, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Berikut Ulasan mengenai manfaat kacang kapri untuk kesehatan.

manfaat-kacang-kapri-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat vitamin K yaitu membantu menjaga kalsium dalam tulang dan membuat tulang menjadi kuat. Lainnya adalah vitamin B6 yang menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

Pembentukan Sel Darah Merah
Kacang kapri merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Mengonsumsi kacang kapri yang kaya zat besi bisa mencegah anemia dan kelelahan. Selain itu, kacang kapri juga mengandung beta karoten, salah satu bentuk antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari sel kanker.

Mencegah Peradangan
Kacang kapri mengandung  senyawa anti radang. Kacang kapri menjadi makanan yang sangat disarankan dikonsumsi untuk mencegah radang. Senyawa anti radang kacang kapri juga mampu menyembuhkan penyakit asma. Kacang kapri juga menyembuhkan radang pada sendi atau yang disebut asam urat.

Meredakan Flu
Kandungan vitamin C dalam kacang kapri mampu meningkatkan sistem imun tubuh untuk memerangi virus flu yang menyerang.

Mencegah Kanker
Kacang kapri juga mengandung betakarotin tinggi yang mampu mencegah timbulnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin B  yaitu riboflavin dalam kacang kapri mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat vitamin B yang terkandung dalam kacang  kapri juga membantu menjaga kesehatan kulit. Riboflavinnya juga mempu menyehatkan rambut.

Menjaga Kesehatan Syaraf
Kandungan niacin dalam kacang kapri berfungsi untuk menjaga koordinasi syaraf agar tetap baik.

Menyehatkan Mata
Manfaat vitamin A juga terdapat dalam kandungan kacang kapri, yang mampu menjaga kesehatan mata.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kehamilan
Telah kita ketahui bahwasanya ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan dirinya dan kesehatan janin yang dikandungnya. Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan, namun kacang kapri dapat disajikan secara sehat untuk ibu hamil.

Membantu Pertumbuhan Tulang Janin
Kacang kapri memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Kandungannya ini membuatnya mampu mencukupi kebutuhan vitamin K pada ibu  hamil, yang sekaligus membantu pertumbuhan tulang pada janin. Vitamin K juga banyak ditemui pada manfaat kacang merah.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Jantung Janin
Kandungan asam folat pada kacang kapri sangatlah bagus untuk dikonsumsi ibu hamil agar janin yang dikandungnya memiliki jantung yang sehat. Asam folat juga banyak terdapat pada manfaat alpukat.

Memberi Asupan Energi Tubuh
Kacang kapri juga mengandung karbohidrat yang dapat memasok energi untuk tubuh. Hal ini cukup membantu saat menjalani program diet, sebagai pengganti manfaat nasi yang memasok karbohidrat.

Itulah ulasan mengenai manfaat kacang kapri. Bagi Anda yang belumpernah memakannya, selamat mencoba yaa...