Feb 24, 2016

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pasti Anda sering sekali mengkonsumsi sayur kangkung. Kangkung dengan nama latinnya Ipomoea aquatica Forsk. adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi dan pelecing kangkung. Banyak orang menganggap jika mengkonsumsi sayuran ini bisa mengakibatkan mengantuk, namun apakah hal itu benar? Lalu adakah manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi kangkung? Pastinya, karena kangkung memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan nutrisinya seperti fosfor, vitamin C, A, dan B, kalsium, asam amino, selenium serta serat yang tinggi. Inilah manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi kangkung. Berikut ulasannya.

manfaat-kangkung-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Dapat mengatasi insomnia
Salah satu kandungan yang terdapat pada sayur kangkung ini adalah zinc dan selenium. Kedua nutrisi ini bisa mengakibatkan rasa kantuk pada diri kita apabila mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kedua nutrisi tersebut terdapat unsur sedatif yang membuat syaraf kita menjadi kendur serta rileks.

Mencegah sembelit dan sebagai anti toksin
Kandungan serat yang terdapat pada kangkung mampu mengatasi atau mencegah sembelit. Selain itu kangkung juga mempunyai anti toksin yang mampu meringankan bisul serta cocok untuk perawatan kulit.

Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A yang tinggi pada sayur kangkung dapat memberi manfaat pada kesehatan mata kita. Jika anda tidak ingin menderita degenerasi manula atau katarak, mulailah untuk memperbanyak mengkonsumsi Vitamin A salah satunya yang terkandung dalam sayur kangkung.

Mencegah penyakit diabetes militus
Ekstrak pada Kangkung telah diuji di laboratorium dan hasilnya, Ekstrak Kangkung tersebut berguna sebagai anti diabetes. Hal ini dikarenakan Ekstrak Kankung tersebut akan menghambat penyerapan kadar gula pada tubuh kita. Perbanyaklah mengkonsumsi Kangkung bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.

Mencegah sariawan dan gusi berdarah
Kangkung merupakan gudangnya vitamin C pada tubuh kita. Pada umumnya Kangkung memiliki kadar vitamin C yang lebih banyak dibanding kebanyakan buah. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayuran Kangkung, dianggap baik untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Menenangkan otak
Kangkung ternyata mampu menciptakan suasana nyaman pada otak kita. Kadar vitamin B Komplek dan Omega 3 pada Kangkung, sangatlah besar. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita. Maka dari itu, seiring meningkatnya produksi serotin, akan menciptakan suasana yang nyaman pada otak kita. Sekaligus menenangkan dan menyegarkan kembali otak kita.

Melelapkan tidur
Kangkung, memiliki sifat sedatif, sehingga kerap dituduh sebagai pemicu rasa kantuk. Juga dapat mengendurkan saraf. Hal itu dilakukan oleh mineral seng dan selenium, dua zat yang terkandung di dalamnya. Sehingga bila mengonsumsi Kangkung, saraf jadi kendur. Semakin kendur saraf-saraf kita, maka tidur pun akan semakin nyenyak dan lelap

Menajamkan penglihatan
Menurut penelitian, Kangkung mampu menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi. Itulah sebabnya Kangkung dipercaya bisa menambah menajamkan pengklihatan mata.

Melihat begitu banyaknya faedah dan manfaat kangkung, maka sebaiknya jangan sampai kangkung menghilang dari menu makanan Anda sehari-hari.