Feb 23, 2016

Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah menikmati enaknya aroma kecombrang atau honje? yah, Kecombrang atau bunga honje biasanya dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal. Kecombrang yang dikukus juga kerap dijadikan bagian dari pecel. Kecombrang, kantan, atau honje memiliki nama latin Etlingera elatior adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman memiliki banyak nama antara lain kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau),siantan (Malaya), dan di Bali disebut kecicang. Dalam kandungan Kecombrang per 100 g, memiliki nutrisi karbohidrat 4.4 g, serat pangan 1.2 g, lemak 1.0 g, protein 1.3 g, air 91 g, kalsium 32 mg (3%), besi 4 mg (32%), magnesium 27 mg (7%), fosfor 30 mg (4%), kalium 541 mg (12%), zink 0.1 mg (1%). Kemudian zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu saponin, flavonida, dan polifenol.

manfaat-kecombrang-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan

Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya. Dari kandungan tersebut, kecombrang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Pada bagian bunga Kecombrang, mengandung minyak atsiri yang sedap baunya. Itulah sebabnya bunga kecombrang dimanfaatkan sebagai ramuan penghilang bau badan atau keringat. Pada tempo dulu, orang juga memanfaatkan bunga kecombrang untuk pebersih darah.  Penelitian terakhir menemukan bahwa kandungan kimia kecombrang adalah saponin, flavonoida, polifenol, dan minyak atsiri. Jadi, bertambah lagi dua macam zat daripada hasil penelitian Depkes tahun 1985.

Kemudian bagian daun kecombrang  mengandung senyawa polyfenol yang tinggi yang bermanfaat untuk mengobati disentri. Selain mengandung polyfenol pada bagian daun juga mengandung alkaloid, triterpenoid, flavonoid dan saponin. Vitamin C yang terkandung didalamnya juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk mengurangi akumulasi radikal bebas, menetralisir racun dan melindungi penyakit genetik. Selain itu manfaat lainnya antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu mencegah osteoporosis / pengeroposan tulang.
  2. Memperkuat kinerja dari otak yang mampu menguatkan daya ingat.
  3. Mengatasi dehidrasi / kekurangan cairan.
  4. Sumber energi alami
  5. Obat alami untuk penyakit kulit seperti campak.
  6. Obat alami untuk anemia / kurang darah / penambah darah.
  7. Menguatkan tulang yang sangat baik untuk masa pertumbuhan.

Demikian Ulasan mengenai manfaat kecombrang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.