Feb 2, 2016

Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan

1000 macam manfaat – Kemiri biasanya digunakan untuk bumbu masakan agar memiliki rasa yang sedap dan nikmat. Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras, Minangkabau; Nias); keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda); dèrèkan, pidekan, miri (Jawa); kamèrè, komèrè, mèrè (Madura); dan lain-lain. Kemiri yang bernama latin Aleurites moluccana,merupakan tanaman yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Senyawa yang terkandung didalan kemiri berupa saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain sebagai bahan bumbu dapur, ternyata kemiri juga memiliki banyak manfaat lainnya dari kandungan gizi atau senyawa yang terdapat dikemiri, salah satunya kemiri baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh kita.

manfaat-kemiri-bagi-kesehatan.jpg
Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan
Dapat Menghambat Pembentukkan Kolesterol
Kandungan senyawa lain yang terdapat di dalam kemiri  adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang dapat meruask enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari New Mexico State University, Las Cruces, menunjukkan kemiri mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL, low density lipoprotein) yang ada dalam darah. Sekitar 53 persen dari kemiri adalah lemak. Namun lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang bukan cuma mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab serangan jantung dan stroke.

Sebagai Antibodi
Protein yang terkandung dalam kemiri berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi. Saat antibodi berada dalam aliran darah dan cairan non-seluler, antibody bertugas mengikatkan diri kepada bakteri dan virus penyebab penyakit. Mereka menandai molekul-molekul asing tempat mereka mengikatkan diri.

Dapat Mengatasi Kanker
Berdasarkan penelitian, kemiri dapat membantu mengatasi penyakit kanker. Bagian tanaman yang sudah terbukti sebagai salah satu obat antikanker secara etnofitomedis merupakan korteksnya yang paling utama yang kandungannya adalah tanin, yang mempunyai aktivitas sebagai suatu imunostimulan, yakni dengan meningkatkan skeresi dari terjadi tumor necrosis factor (TNF) dan sebagai agen antiproliferatif yang bisa membantu untuk menginduksi apoptosis.

Manfaat lain dari kandungan kemiri antara lain mengatasi bisul, menyembuhkan diare, mengobati sakit gigi, mengatasi disentri. Cara membuat ramuan dari kemiri untuk menyembuhkan penyakit tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Mengatasi Bisul
Kandungan antobodi yang terdapat dalam kemiri dapat menghambat dan membunuh bakteri yang masuk.  Agar tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya, apalagi kalau disertai ke luar nanah yang jika pecah bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya. Cara mengobatinya dapat dibuat ramuan dari 15 lembar daun kangkung dan 10 lembar daun bunga pukul empat yang ditumbuk halus yang dicampurkan dengan sedikit minyak kelapa dan minyak kemiri. Oleskan pada bisul minimal 2 kali sehari.

Memampetkan Diare
Jika seseorang terkena diare, biasanya  buang air besar  lebih dari 3 kali  yang bisa juga disertai keluar keringat dingin, mual dan muntah. Agar diare cepat mampet dapat kita gunakan bahan herbal. Ambillah 20 gram batang kemiri lalu haluskan dan campurkan dengan air matang sebanyak 600 cc kemudian rebus hingga tersisa 300 cc. Saringlah dahulu sebelum meminumnya dan biarkan hangat sebelum di minum.  Minumlah saat pagi dan sore.

Mengobati Sakit Gigi
Salah satu khasiat kemiri yang belum banyak diketahui yaitu mengobati sakit gigi. Ambillah daun kemiri  ambil getah dari daun kemiri tersebut dan teteskan/ oleskan 3 tetes getahnya pada gigi yang sakit. Lakukan sedikitnya 3 kali dalam seminggu.

Mengatasi Disentri
Salah satu gangguan pencernaan  yang umumnya menyerang  anak-anak bahkan orang dewasa pun sering dijumpai  terserang Disentri. Khasiat kemiri untuk mengatasi disentri yaitu dengan merebus kulit batang kemiri sebanyak 90 gram. Rebus kulit kemiri dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas air rebusan batang kemiri. Minum selagi hangat dan khasiatnya akan terasa.

Ternyata kemiri selain untuk bahan bumbu masakan juga bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. Jadi, tak ada salahnya apabila anda memasak, gunakanlah kemiri supaya anda sehat dan masakan pun nikmat.