Feb 27, 2016

Manfaat Kipas Untuk Kehidupan


1000 macam manfaat - Anda pasti sering menggunakan kipas angin untuk menghilangkan hawa gerah pada siang hari atau pada saat hawa panas. Memang membantu sekali untuk menurunkan suhu disekeliling kita. Karena fungsi kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Secara umum, kipas angin ada dua jenis, pertama kipas angin tradisonal yaitu kipas angin konvensional yang menggunakan tenaga. Kedua, kipas angin yang digerakkan dengan motor listrik. Manfaat kipas angin bagi manusia dalam kehidupan sehari hari tidak dapat dipungkiri sangat banyak, terutama di kota besar, tanpa kipas angin sulit rasanya untuk tidur atau beraktivitas di rumah. Walaupun ada efek sampingnya, kipas angin sangat diperlukan. Apa saja manfaat kipas angin untuk kehidupan kita? Berikut ulasannya.

manfaat-kipas-untuk-kehidupan.jpg
Manfaat Kipas Untuk Kehidupan

Dapat meningkatkan sirkulasi udara

Pemasanagn kipas angin baik itu kipas angin yang diletakkan pada dinding, lantai, meja, maupun langit-langit dapat membantu memberikan kenyamanan pada sebuah ruangan. Ia dapat membantu peningkatan sirkulasi udara pada ruangan yaitu dengan mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan lebih segar dari luar ruangan.

Menghasilkan udara yang sehat

Meskipun hanya bersifat memberikan efek udara dingin pada ruangan, namun jika dibandingkan dengan penggunaan AC, penggunaan kipas angin dirasa lebih menyehatkan. Saat menggunakan AC, ruangan harus tertutup sehingga udara yang ada hanya mencakup ruangan tersebut, sedangkan dengan kipas angin bis diterapkan pada ruangan yang terbuka, sehingga tetap bisa terjadi pergantian udara. Hal inilah yang sering menimbulkan efek penularan berbagai jenis penyakit seperti flu bagi mereka yang lebih memilih menggunakan Air Conditioner dalam ruangan.

Bisa lebih hemat

Sebuah kipas angin yang dipasang pada langit-langit ruangan hanya membutuhkan daya sekitar 75 watt. Lain halnya jika sebuah ruangan menggunakan AC, ia akan membutuhkan daya yang lebih besar, dimana perbandingannya mencapai 1:10. (Baca : Manfaat hidup hemat)

Menghindarkan bau pengap pada ruangan

Saat memasuki ruangan tertutup yang menggunakan AC, akan terasa sangat berbeda dengan memasuki ruangan terbukan yang hanya menggunakan kipas angin saja. Udara dalam ruangan yang ber AC terasa lebih pengap. Hal ini terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara dari luar ruangan. Sedangkan ruangan yang menggunakan kipas angin akan terasa lebih segar dan nyaman karena udara dalam ruangan bisa mengalami pergantian dengan udara baru yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan.

Demikian ulasan mengenai manfaat kipas angin untuk kehidupan manusia. Namun janganlah berlebihan dalam menggunakannya. Tetaplah jaga kesehatatan ya.