Feb 17, 2016

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat – Apakah Anda pernah memakan mengkudu? Mengkudu biasanya dikonsumsi dengan cara disayur dan dirujak. Mengkudu yang bernama latin Morinda citrifolia memiliki nama lain antara lain keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali), berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Buah mengkudu memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain protein, viamin, dan mineral. Masih banyak juga senyawa yang terkandung dalam mengkudu, antara lain xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dan masih banyak lagi. Dari kandungan gizi diatas, mengkudu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita lho. Berikut uraian manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh.
manfaat-mengkudu-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan
Pemulih Sel-Sel Tubuh
Luka bakar bisa terjadi kepada siapa saja. Saat terbakar, sel-sel kulit menjadi rusak. Oleh sebab itu untuk penyembuhannya, sel-sel yang rusak harus diperbarui. Mengkudu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Hal itu dikarenakan dalam mengkudu terdapat zat terpenoid yang bisa membantu proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

Anti Bakteri
Kandungan senyawa yang terdapat mengkudu antara lain senyawa antrakuinon dan terpana yang berfungsi untuk memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit. Kemudian zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

Anti Peradangan
Zat lain yang terkandung dalam mengkudu adalah zat scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi. Kemudian mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan.

Anti Kanker
Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal. Selain itu mengkudu juga mengandung zat selenium yang merupakan salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu, zat ini sebagai antioksidan yang hebat yang berperan penting untuk melawan sel-sel abnormal dalam tubuh. Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kulit dan kesehatan. Sekarang ini banyak radikal bebas di sekitar kita. Untuk menangkal radikal bebas diperlukan konsumsi buah mengkudu secara teratur. Caranya bisa mengkonsumsi obat herbal dari sari mengkudu atau mengkonsumsi mengkudu secara langsung. Zat bioaktif di dalam mengkudu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.

Mengobati Asam Urat
Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

Mengobati Diabetes
Zat proxeronine adalah zat yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya sekali jika diabetes basah terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya. Sehingga proses amputasi harus dilakukan.

Mengaktifkan Protein Yang Tidak Aktif Dalam Tubuh
Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif

Meredakan Sakit Kepala
Mengkudu sifatnya adalah analgesik sehingga bisa mengurangi rasa sakit. Analgesik bermanfaat untuk meredakan nyeri sakit kepala. Mengkudu memiliki zat analgesik sebanyak 75 persen. Orang yang terkena nyeri bisa diobati menggunakan mengkudu dengan sifat morfin sulfat yang ada dalam buah mengkudu

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

Melancarkan Pencernaan
Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

Meningkatkan Kepadatan Tulang
Buah mengkudu memiliki zat berupa metil, asetil, asam kapril, morindone yang bemanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang di dalam tubuh. Orang yang tulangnya padat dan kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Misalnya pengeroposan tulang atau oesteoporosis dan masih banyak lagi lainnya.

Mengobati Gondok
Gondok disebabkan oleh kelenjar tyroid yang mengalami pembengkakan. Cara pengobatan dengan menggunakan buah pace sangat mudah sekali yaitu dengan mengurangi konsumsi garam dan menggunakan kalung buah pace yang masih mengkal. Selain itu mengkonsumsi buah mengkudu atau pace secara teratur bisa mengecilkan kelenjar tyorid yang ada di leher.


Demikian ulasan mengenai manfaat mengkudu untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang tidak menyukai buah mengkudu ini, taka da salahnya untuk mencoba buah mengkudu ini. Selamat mencoba.