Feb 26, 2016

Manfaat Tanaman Eceng Gondok Bagi Kehidupan

1000 macam manfaat - Apakah Anda tahu dan pernah melihat tanaman eceng gondok? Eceng gondok atau enceng gondok memiliki nama latin Eichhornia crassipes. Selain dikenal dengan nama eceng gondok, di beberapa daerah di Indonesia, eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk, di Lampung dikenal dengan nama Ringgak, di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung, di Manadodikenal dengan nama Tumpe. Yah tanaman yang tumbuh mengapung di air ini sering dianggap penggangu atau gulma yang dapat merusak perairan karena eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi. Namun dibalik kekurangan eceng gondok, ternyata tumbuhan eceng gondok ini memiliki banyak manfaat lho. 

manfaat-tanaman-eceng-gondok-bagi-kehidupan.jpg
Manfaat Tanaman Eceng Gondok Bagi Kehidupan

Salah satu manfaat eceng gondok yaitu sebagai penangkap polutan logam berat. Rangkaian penelitian seputar kemampuan eceng gondok oleh peneliti Indonesia antara lain oleh Widyanto dan Susilo (1977) yang melaporkan dalam waktu 24 jam eceng gondok mampu menyerap logam kadmium (Cd), merkuri (Hg), dan nikel (Ni), masing- masing sebesar 1,35 mg/g, 1,77 mg/g, dan 1,16 mg/g bila logam itu tak bercampur. Eceng gondok juga menyerap Cd 1,23 mg/g, Hg 1,88 mg/g dan Ni 0,35 mg/g berat kering apabila logam-logam itu berada dalam keadaan tercampur dengan logam lain. Lubis dan Sofyan (1986) menyimpulkan logam chrom (Cr) dapat diserap oleh eceng gondok secara maksimal pada pH 7. Dalam penelitiannya, logam Cr semula berkadar 15 ppm turun hingga 51,85 persen. Selain dapat menyerap logam berat, eceng gondok dilaporkan juga mampu menyerap residu pestisida.

Eceng gondok juga memiliki nilai ekonomis. Tanaman ini sudah mulai dimanfaatkan oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa, seperti serat batang dibuat menjadi tikar, anyaman yang berkualitas bahkan laku terjual hingga manca negara. Selain itu, eceng gondok juga bisa dibuat dan dikreasikan menjadi tas, tikar, aksesoris, taplak meja dan sebagainya. Peluang bisnis dari tanaman eceng gondok kini mulai dilirik dan dimanfaatkan, karena nilainnya yang sangat ekonomis dan memiliki kesan unik.

Selain itu, eceng gondok juga bermanfaat bagi dunia medis. Hal yang mecengangkan datang dari dunia medis, ternyata tanaman eceng gondok bermanfaat untuk kesehatan dan berpotensi bahkan bisa menyembuhkan beragam jenis penyakti, karena adanya senyawa-senyawa tertentu dalam eceng gondok.

Senyawa yang terdapat dalam eceng gondok adalah senyawa SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan masih bayak lagi. Sementara akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan banyaknya kandungan kimia dalam eceng gondok ini maka ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan seperti tenggorokan panas, kencing tidak lancar, bisul dll. Zat kimia tersebut terdapat dalam eceng gondok baik dari akarnya atau hingga daunnya. 

Cara pemakaian enceng gondok sebagai obat dalam, yaitu dengan menyediakan daun enceng gondok dan bagian lainnya sebanyak 20-30 gram lantas direbus. Dinginkan dan air rebusannya diminum.

Kemudian cara menggunakan eceng gindok sebagai obat luar, dengan cara menyiapkan daun atau akar enceng gondok segar secukupnya. Lantas bahan tadi dilumatkan sampai halus, kemudian ditambahkan garam secukupnya, kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit, misalnya bisul.

Nah, jadi jangan anggap remeh dengan tanaman eceng gondok. Eceng gondok ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita. Dari pada tidak dimanfaatkan, cobalah luangkan waktu Anda sejenak untuk berkreatifitas membuat kerajinan tangan dari bahan eceng gondok ya. Semoga bermanfaat.