Feb 26, 2016

Manfaat Tanaman Walisongo Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah berjumpa dengan tanaman walisongo? Tanaman walisongo yang bernama latin Schefflera octophylla dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman walisongo ini memiliki ciri-ciri tanamannnya memiliki tampilan fisik daun yang berbentuk seperti jari tangan yang terdapat pada batang utamanya. Permukaan daunnya tebal dan mengkilap berwarna hijau, tetapi ada sebagian daunnya bisa berwarna kuning. Bentuk daunnya pun bermacam-macam, ada yang bergelombang, runcing, ramping, lonjong atau juga menyerupai daun ubi kayu. Daun dan kulit batang tanaman walisongo ini mengandung saponin dan polifenol. 

manfaat-tanaman-walisong0-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Tanaman Walisongo Untuk Kesehatan
Kegunaan lain dari tanaman walisongo selain sebagai tanaman hias, berfungsi juga sebagai tanaman penawar atau penetral. Jika ada anggota keluarga Anda yang perokok, ada baiknya menanam tanaman hias walisongo di salah satu sudut rumah, karena disinyalir mampu menetralisir asap rokok. 

Selain sebagai penetralir asap rokok, batang tanaman walisongo berkhasiat sebagai obat rematik, susah tidur, detoksifikasi darah, sakit tenggorokan, meredakan demam, gatal, eksim, borok kaki, luka bakar, nyeri tulang, pembengkakan, patah tulang, dan luka berdarah. 

Aapabila Anda mau membuat ramuan dari tanaman walisongo untuk dikonsumsi, caranya ambilah kulit tanaman walisongo sebanyak 15 gram. Kemudian cucilah dan rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus, sehari dua kali pagi dan sore. 

Demikian ulasan mengenai manfaat tanaman walisongo untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.