Feb 25, 2016

Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan dan Pengobatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah mengkonsumsi jamu temuireng? Yah, temu ireng ini memiliki nama latin Curcuma aeruginosa Roxb adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu. Temu hitam memiliki nama lain temu erang, temu ireng, atau temu lotong. Tanaman yang tergolong dalam jenis temu-temuan ini bersifat hangat dan aromatik. Temu hitam mengandung germakrene, minyak asiri, kordione, alkaloid, saponin, tetrametilfrazine, zat pati, curcumol, tanin, damar, isofortungermakrene, zat pahit, lemak, zat warna biru, dan mineral. Dari kandungan temu ireng tersebut, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan untuk pengobatan lho. Apa saja manfaat temu ireng untuk kesehatan dan pengobatan? Berikut ulasannya.

manfaat-temuireng-untuk-kesehatan-dan-pengobatan.jpg
Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Menambah Nafsu Makan
Kandungan kurkumin yang ada dalam temu ireng sudah diakui oleh orang-orang untuk menaikkan nafsu makan. Cara membuat ramuan penambah nafsu makan yaitu dengan memarut temu ireng, peras airnya. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit, minum selagi dingin. Lakukan di pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak ½-1 gelas air.

Mengatasi Masuk Angin dan Perut Mulas
Untuk meredakan kedua gangguan kesehatan ini, gunakan ramuan herbal yang mudah. Rebuslah temu hitam bersama air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat, untuk menghilangkan rasa mulas dan masuk angin.

Mengobati Cacingan
Hasil penelitan menunjukkan bahwa zat aktif di dalam temu hitam dapat mematikan cacing Ascaridia galli. Ramuan herbal untuk mengobati penyakit cacingan dapat dibuat dengan memeras rimpangnya yang telah ditumbuk atau diparut sebelumnya.

Meredakan Ambien
Temu ireng dapat meredakan ambien. Cara membuat ramuannnya dengan menyediakan 15gr rimpang temu hitam, secangkir air panas, kuning telur ayam, dan 2 sdm madu. Rimpang dikupas, kemudian dicuci. Seduh dengan secangkir air panas, biarkan dingin lalu saring. Campur dengan kuning telur dan madu. Minum ramuan ini setiap bangun tidur,

Membersihkan Darah Usai Persalinan
Sediakan 2 jari temu ireng, kupas kemudian diparut. Seduh bersama ½ cangkir air panas, biarkan dingin lalu saring. Minumlah 3 hari secara berturut-turut, setelah persalinan.

Mengobati Penyakit Gonorrhoea
Sediakan 30gr daun pegagan, 10gr rimpang temu ireng, dan 5gr umbi gadung. Tumbuk semua bahan sampai halus, seduh bersama 3 gelas air panas. Biarkan dingin, saring. Minum airnya sebanyak tiga kali dalam sehari, masing-masing 1 gelas.

Meredakan Bengkak dan Menetralkan Racun
Siapkan 20gr temu hitam dan daun takokak secukupnya. Kupas temu hitam, parut. Campur dengan daun takokan, rebus ke dalam 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya. Minum selagi hangat, seketika.

Menurunkan Kolesterol Dalam Darah
Siapkan 15gr daun dewa dan 25gr temu item. Rebus keduanya ke dalam 600 liter air, sehingga airnya menyusut separuh. Setelah dingin, minum di pagi dan malam hari.

Mengobati Malaria
Sediakan 20gr temu item, 2 jari batang brotowali, dan 60gr daun pepaya. Setelah dicuci, rebus semua bahan bersama 800 ml air hingga mendidih dan menyusut setengahnya. Setelah airnya dingin, tambahkan 1 sdm madu. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 ml.

Demikian ulasan mengenai manfaat temu ireng. Tapi tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.