Mar 22, 2016

Bahan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

1000 macam manfaat - Datangnya jerawat memang membuat gerah khususnya bagi kaum hawa. Timbulnya jerawat dikarenakan pori-pori kulit tersumbat yang mengakibatkan kantung nanah meradang. Selain itu penyebab jerawat lainnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal inilah yang menjadi pemicu timbulnya jerawat dan biasanya jerawat timbul dimasa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Jerawat juga bisa timbul apabila kelenjar minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati. Belum lagi akibat dari bakteri p. Acne yang dapat menimbulkan iritasi dan radang pada kulit sehingga berakibat menjadi jerawat batu. Pengaruh penggunaan kosmetik juga menjadi salah satu penyumbat pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat. 

Timbulnya jerawat tidaklah karena kondisi kulit yang kotor, namun karena faktor dari dalam tubuh. Tapi janganlah Anda malas untuk membersihkan tubuh Anda, terutama wajah yang setiap hari terkena paparan sinar matahari dan debu. Apabila jerawat sudah menempel diwajah Anda, gunakanlah bahan alami untuk mengatasi jerawat tanpa merusak kondisi kulit. Apa saja bahan yang bisa digunakan sebagai ramuan pembasmi jerawat. Berikut ulasan mengenai bahan alami untuk mengatasi jerawat.
bahan-alami-untuk-mengatasi-jerawat.jpg
Bahan Alami Untuk Mengatasi Jerawat 
Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari lingkungan sekitar. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga dapat menjaga dan mengatasi masalah kecantikan terutama daerah wajah. Jeruk nipis dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mendapatkan kulit yang mulus. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat yaitu dengan menyiapkan 1 (satu) sendok teh air perasan jeruk nipis kemudian campurkan dengan 1(satu) sendok teh madu. Aduk hingga rata. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit atau sampai mengering kemudian bilaslah dengan air dingin. Lalukan secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu.

Putih Telur
Setelah Anda memecahkan teur untuk bahan makanan Anda, sebaiknya cangkang telur janganlah dibuang. Masih ada sedikit putih telur yang tersisa di bagian cangkangnya kan. Nah, tahukah Anda kalau putih telur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan? Selain mengencangkan kulit, putih telur juga mampu menghilangkan jerawat membandel. Cara pemakaiannya, Anda bersihkan wajah terlebih dahulu lalu oleskan putih telur tersebut pada wajah yang berjerawat. Tunggulah hingga kering selama 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. Gunakanlah secara teratur masker tomat 2 – 3 kali dalam seminggu.

Tomat
Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam tomat dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat, baik yang baru timbul maupun sudah meradang. Cara pakai tomat untuk mengatasi jerawatpun berbeda.  Bagi yang jerawatnya belum terlalu banyak, bisa melakukan dengan cara memotong tomat yang sudah dibersihkan menjadi beberapa bagian kemudian letakan potongan tersebut di bagian wajah yang ada jerawatnya. Biarkan selama 20 hingga 30 menit. Selanjutnya bilaslah wajah dengan air bersih. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Bagi yang jerawat sudah meradang, caranya dengan memilih tomat-tomat yang segar dan blender hingga halus (untuk dijadikan masker). Selanjutnya oleskan pada seluruh permukaan wajah, tunggu selama 20-30 menit lalu bilaslah wajah dengan air bersih. Lakukanlah 2 – 3 kali dalam seminggu.
 
Mentimun
Ekstrak mentimun ini bisa digunakan sebagai toner. Mentimun juga terbukti ampuh membasmi jerawat karena kandungan airnya yang melimpah dan beragam vitamin yang terkandung dalam mentimun sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Kandungan dalam mentimun antara lain vitamin B, vitamin C, zat besi, dan lain lain. Seperti tomat, Anda juga bisa menggunakan timun sebagai masker atau potongannya dapat langsung dioleskan ke wajah. Cara menggunakan mentimun untuk jerawat yang belum terlalu banyak, yaitu dengan membersihkan mentimun terlebih dahulu kemudian potonglah secara melingkar. Letakkan potongan mentimun tersebut pada bagian wajah yang berjerawat selama 20 hingga 30 menit. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih dan lakukanlah hal ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu.

Untuk jerawat yang sudah meradang, cara membuat ramuan maskernya pun sederhana. Pertama pilihlah timun yang segar kemudian cucilah dan blender hingga halus. Lalu oleskan pada seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan lakukanlah sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Demikian ulasan singkat mengenai bahan alami untuk mengobati jerawat. Namun menjaga kesehatan kulit tidaklah cukup pada bagian luar saja, bagian dalam juga perlu yaitu dengan mengkonsumsi vitamin E dan mengkonsumsi makanan sehat lainnya yang dapat berperan dalam menjaga kesehatan kulit kita agar terhindar dari jerawat.