Mar 29, 2016

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Buah kurma memiliki daging yang berserat lembut dan memiliki rasa manis yang khas. Buah ini sangat populer pada saat bulan ramadhan karena sangat cocok sekali untuk santapan buka puasa sebelum memakan hidangan berat. Buah kurma yang bernama latin dactylifera phoenix berasal dari pohon palem yang merupakan keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Buah kurma bahkan menjadi makanan pokok di daerah Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal yang dapat memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial". Buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah kurma antara lain kalsium, lemak, serat, karbohidrat, asam nikotinat, magnesium, tembaga, zink, sulfur, sodium, khlorida, glukosa, fosfor, dan energi. Dari kandungan nutrisi tersebut sudah bisa ditebak bahwa banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh buah kurma untuk pengkonsumsinya. Mau tahu apa saja ulasan mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

manfaat-buah-kurma-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Sumber Energi
Mengapa pada saat berbuka puasa dianjurkan mengkonsumsi buah kurma? Yah, Nabi pun menyunahkan berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma. Karena kurma mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat menggantikan energi dalam tubuh.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Kurma juga dianggap sebagai makanan yang menyehatkan karena kandungan seratnya yang mengenyangkan dan berperan juga dalam memperlancar sistem pencernaan. Selain itu kandungan serat dan asam amino juga dapat membantu proses pencernaan makanan sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan Anda dan terhindar pula dari konstipasi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Seiring bertambahnya usia, kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi pasti berkurang. Kandungan mineral, selenium, magnesium, mangan dan tembaga dapat menjaga dan menutrisi kesehatan tulang dan gigi Anda. Sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakaan tulang dan gigi seperti pengeroposan.

Mengatasi Anemia
Anemia terjadi karena kurangnya pasokan zat besi dalam tubuh. Dan salah satu kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kurma adalah zat besi. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Mengoptimalkan Kinerja Otak
Kurma mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan kecepatan berpikir otak. Selain itu kandungan vitamin pada kurma juga sangat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Sehingga kurma menjadi salah satu makanan terbaik untuk organ otak Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan potasium yang terdapat dalam kurma berperan penting dalam kesehatan jantung sehingga dapat mencegah resiko serangan stroke serta berbagai penyakit jantung lainnya.

Mengatasi Alergi
Kandungan sulfur organik yang terdapat kurma sangat bermanfaat sekali untuk tubuh termasuk dapat mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Dan tidak semua makanan terdapat kandungan sulfur organiknya. Dalam sebuah penelitian di tahun 2002, kandungan sulfur organic dapat memiliki dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat. Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A yang terkandung dalam kurma berperan dalam menjaga kesehatan mata. Salah satunya mengatasi rabun senja. Jika daun dari palem kurma ditumbuk dan dioleskan di sekitar mata, atau ketika kurma dimakan, terbukti kurma dapat mengurangi frekuensi rabun senja, dan solusi ini seringkali digunakan di daerah pedesaan dimana kurma ditanam untuk digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Demikian ulasan mengenai manfaat kurma untuk kesehatan. Anda bisa menikmati berbagai kreasi olahan kurma, seperti selai. Nikmatilah manisnya buah kurma dan manisnya manfaat yang disuguhkan kurma. Anda boleh mengkonsumsi buah kurma setiap hari dan cukup memakannya sebanyak 3 butir perhari untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.