Mar 19, 2016

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Salak sudah menjadi salah satu buah favorit dikalangan masyarakat, khususnya salak pondoh. Buah salak memiliki nama latin Sallaka edulis dan nama buah salak di daerah Amerika dan Eropa disebut snake fruit karena bentuk kulit buah salak yang menyerupai sisik ular. Buah salak memiliki beragam jenis antara lain salak pondoh, salak condet, salak bali, salak penjalinan, salak gading dan salak kembang arum. Buah salak tumbuh subur didaerah tropis sehingga kita sering menjumpai buah ini di mana saja. Banyak mitos yang beredar kalau mengkonsumsi buah salak akan mengalami konstipasi atau susah BAB. Hal itu tidaklah benar. Karena kulit ari yang berada pada buah salak mengandung serat yang tinggi yang dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat dalam buah salak antara lain energi, karbohidrat, lemak, kalsium, protein, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, serat dan mineral. Masih banyak manfaat lainnya yang ditawarkan oleh buah salak untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaat yang ditawarkan buah salah untuk pengkonsumsinya? Berikut ulasan mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan?

manfaat-buah-salak-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat dalam kulit ari buah salak ternyata dapat membantu memperlancar pencernaan. Buah ini juga cocok sekali untuk Anda yang sedang menjalani program diet karena kandungan serat dan vitamin B yang membantu proses metabolisme energi dan dapat menimbulkan rasa kenyang yang lama. Selain itu kandungan tanin dan mineral dalam buah salak juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut dengan membantu melancarkan pencernaan.

Mengatasi Kanker
Senyawa antioksidan yang berasal dari vitamin C buah salak dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel sehat menjadi sel kanker. selain itu kandungan pektin dalam buah salak berperan pula sebagai perisai dari reproduksi sel-sel kanker dan dapat mengobati kanker prostat.

Menyehatkan Mata
Betakaroten memiliki peran yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa kandungan betakaroten yang terdapat dalam buah salak memiliki kandungan yang lebih besar 5,5 kali dari buah mangga, dan 5 kali lebih besar dari buah semangka.

Menjaga Kesehatan Otak
Buah salak juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak dan membantu sistem saraf untuk meningkatkan kinerja otak karena kandungan potassiumnya. Selain itu kandungan kaliumnya juga berperan dalam sistem saraf otonom (SSO), yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak, pengendali detak jantung, dan proses fisiologi tubuh yang penting lainnya.

Mencegah Anemia
Zat besi yang terdapat dalam buah salak dapat mencegah datangnya anemia. Anemia terjadi karena kurangnya sel darah merah. Zat besi inilah yang berperan penting dalam kinerja sel darah merah karena dapat membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen keseluruh tubuh.

Menjaga Tulang dan Gigi
Kesehatan tulang dan gigi sangat diperlukan terutama untuk kalangan lansia. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengkonsumsi buah salak salah satu alternatif yang praktis untuk mendapatkan tulang dan gigi yang sehat. Karena kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah salak dapat berperan dalam menjaga tulang dan gigi.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat buah salak untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi salak dalam berbagai jenis olahan berbahan buah salak seperti selai salak, keripik salak, manisan salak dan lain lain. Semoga bermanfaat.