Mar 3, 2016

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Pengobatan Mata

1000 macam manfaat - Apakah Anda tahu seperti apa cantiknya bunga kitolod? Tanaman kitolod ini memiliki nama latin Isotoma Longiflora atau Laurentia Longiflora. Bunganya yang cantik berwarna putih, biasa disebut kembang jangar atau kembang kitolod. Bunga kitolod ini memiliki khasiat yang bisa dijadikan untuk membuat ramuan herbal. Tumbuhan kitolod ini memiliki senyawa alkaloid seperti lobeline, lobelamine, dan isotamine, juga memiliki efek farmakologis. Daunnya memiliki kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, serta polifenol. Sehingga berkhasiat sebagai antiradang (antiflamasi), antikanker (antineoplasmik), menyingkirkan nyeri serta menghentikan pendarahan.

manfaat-bunga-kitolod-untuk-pengobatan-mata.jpg
Manfaat Bunga Kitolod Untuk Pengobatan Mata

Ahli toga pimpinan jamu dayang sumbi bernama Prof.(HC) Dr. H. W. Isnandar, mengungkapkan bahwa bunga fresh kitolod dapat kita gunakan untuk penyembuhan mata dimulai dari rabun, katarak, dan mata minus serta plus.

Cara menggunakan bunga kitolod untuk pengobatan mata adalah sebagai berikut.

  • Pilih bunga kitolod yang baru merekah
  • Pisahkan bunga dari pangkalnya
  • Celupkan pada air putih dalam gelas (anget atau biasa saja),
  • Ujung tangkainya teteskan pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing cukup sekali tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.

Itulah manfaat bunga kitolod untuk pengobatan mata. Apabila Anda penasaran dengan manfaat dahyatnya, silahkan carilah bunga ini dipinggir saluran air, pematang sawah sekitar pagar dan tempat lembab lainnya. Semoga bermanfaat.