Mar 4, 2016

Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pernahkan Anda merasakan masakan yang berbahan dasar bunga pepaya? Walaupun memiliki rasa yang sama seperti daunnya yaitu pahit, tapi tidak sedikit orang yang menggunakan bunga pepaya untuk diolah menjadi makanan. Dibalik rasanya yang pahit, bunga pepaya memiliki gizi yang baik untuk tubuh lho. kandungan gizi bunga pepaya antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Selain dari itu bunga pepaya juga mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami. Dari kandungan tersebut pastilah bunga pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Berikut ulasan mengenai manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

manfaat-bunga-pepaya-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Mengatasi Penyakit Jantung
Kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2 yang terdapat dalam bunga pepaya yang menimbulkan rasa pahit ini, ternyata dapat dijadikan sebagai obat penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr.Carpein di tahun 1980, bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung.

Menjauhkan dari Penyakit Kanker
Manfaat senyawa flavanoid dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh kita.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Bunga pepaya mengandung senyawa tanin yang dapat berperan untuk membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh agar melakukan fungsinya dengan optimal.

Menurunkan Kolesterol
Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan penurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan menambah asupan folat serta antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Melancarkan Peredaran Darah
Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tambahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah.

Mencegah Penyakit Stroke
Kandungan di dalam bunga pepaya dengan tingkatan yang tinggi, sangat berguna untuk sebagai pencegahan penyakit stroke yang dapat diakibatkan oleh buruknya sirkulasi darah di dalam tubuh.

Menambah Nafsu Makan
Apabila Anda sedang mengalami kesulitan makan, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi olahan atau masakan dari bunga pepaya untuk dijadikan sebagai hidangan penambah nafsu makan.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat bunga pepaya. Bagi Anda yang ingin mencoba mengolah bunga pepaya untuk dijadikan sebagai menu makanan, Anda bisa mencari bunga pepaya pada pohon pepaya jantan dan bunganya terletak dipucuk pohon pepaya. Semoga bermanfaat.