Mar 1, 2016

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda sudah mengenal tanaman bidara atau widara? Tanaman ini memiliki banyak sebutan, antara lain widara, widoro, dara, atau doro (Jawa); widara (Sunda); bukol (Madura); bĕkul (Bali); ko (Sawu); kok (Rote); kom atau kon (Timor); bĕdara (Alor); bidara (Makassar, Bugis); rangga (Bima); serta kalangga (Sumba). Tanaman ini memiliki ciri ciri seperti belukar dan bisa tumbuh dengan cepat. Semua bagian kayu pohon bidara dapat bercabang dan juga banyak mengandung duri. Karakteristik daun dari pohon bidara berbentuk lingkaran atau elips kecil dan berwarna hijau dengan permukaan yang mengkilap. Semua bagian daun memiliki garis-garis daun yang terlihat sangat jelas. Buah dari pohon bidara berbentuk lingkaran kecil dengan warna hijau pada awalnya dan akan berubah kuning kecoklatan setelah masak. Di beberapa negara seperti China dan India, pohon bidara diambil daun dan buahnya untuk dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dari daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Sejak lama daunnya telah dikenal keampuhannya sebagai pelengkap terapi terhadap gangguan jin dan ilmu sihir. Selain sebagai media pengobatan sihir dan gangguan jin, daun bidara pun dikenal sebagai herbal terutama bagi masalah-masalah kesehatan terkait kulit. Berikut ini manfaat daun bidara untuk kesehatan.

manfaat-daun-bidara-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan
Antibakterial
Daun bidara mengandung senyawa antibakterial, sehingga sangat efektif untuk mengobati penyakit akibat bakteri ataupun virus, seperti pilek, influenza, flu babi, flu burung dan bahkan HIV/AIDS.

Antioksidan
Daun bidara mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, kandungan inilah yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam penyakit.

Menguatkan Tulang dan Gigi
Kandungan mineral dan kalsium yang sangat tinggi pada daun bidara, maka akan sangat efektif untuk menguatkan dan merawat kesehatan tulang ataupun gigi.

Mencegah Diabetes
Kandungan senyawa yang ditemukan dalam daun bidara kering ternyata juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Hal inilah yang menyebabkan pemakaian daun bidara kering untuk pengobatan diabetes terbukti ampuh. Diabetes bisa terjadi karena tubuh tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah, kerusakan sistem insulin dalam tubuh akan menyebabkan menyebabkan bisa beberapa resiko penyakit lain seperti ginjal dan jantung. Daun bidara kering yang dikonsumsi seperti teh bisa menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Luka yang disebabkan karena jatuh, lecet, luka gores ternyata juga bisa disembuhkan dengan memakai daun bidara. Senyawa anti inflamasi dalam daun bidara, mampu membuat kulit yang terluka lebih cepat sembuh. Daun bidara digunakan sebagai obat luka adalah daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan daun bidara dengan sedikit air hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

Mengatasi Gejala Depresi
Manfaat daun bidara ternyata juga efektif untuk mengatasi rasa cemas yang sering muncul sebagai gejala depresi. Senyawa yang dihasilkan dari ekstrak daun bidara mampu memberikan efek nyaman.
Bahkan pengobatan ini telah diteliti oleh sebuah lembaga penelitian farmasi dan keluar dalam jurnal Ethnopharmacology edisi tahun 2001. Beberapa produk daun bidara yang telah diolah menjadi manfaat teh daun bidara, terbukti mampu memberikan efek tenang dan nyaman terutama pada orang tua dan orang dewasa yang sedang memiliki masalah.

Meningkatkan Nafsu Makan
Daun bidara kering yang ternyata juga memberikan efek yang sangat baik bagi orang yang memiliki nafsu makan rendah. Senyawa dan aroma menyegarkan pada daun bidara mampu membuat seseorang bisa meningkatkan nafsu makan. Secara umum, daun bidara yang diolah menjadi kapsul atau teh akan mempengaruhi sistem pencernaan sehingga bisa merubah pola makan sebelumnya. Pemakaian daun bidara untuk meningkatkan nafsu makan juga bisa digunakan untuk masa pemulihan setelah sakit.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat daun bidara untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.