Mar 11, 2016

Manfaat Daun Gelinggang Untuk Pengobatan Kulit

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah melihat pohon gelinggang dijalanan atau tepi pantai? Di Indonesia, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan daun kupang, daun kurap, ketepeng, kupang-kupang, gelenggang (Melayu), gelinggang (Paser), ura'kap (Busang), ketepang badak, ki manila (Sunda), ketepeng kebo, ketepeng cina (Jawa), acon-aconan (Madura), saya mara, haya mara (Halamahera Utara), tabankun (Tidore) dan kupang-kupang (Ternate). Pohon gelinggang dengan nama lain terminalia catappa adalah nama jenis pohon tepi pantai yang rindang. Pohon ini cepat tumbuh dan membentuk tajuk indah yang bertingkat-tingkat. Gelinggang masuk dalam jenis semak karena pohonnya tidak besar paling paling 1 meter dan bagian daunnya dapat digunakan untuk dijadikan sebagai ramuan atau obat sakit kulit. Masyarakat Cina telah menggunakan tumbuhan ini sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit luar seperti penyakit gatal-gatal, panu, kurap dan kutu air atau penyakit luar yang di sebabkan oleh jamur.

manfaat-daun-gelinggang-untuk-pengobatan-kulit.jpg
Manfaat Daun Gelinggang Untuk Pengobatan Kulit

Anda bisa menggunakan bagian daun gelinggang untuk dijadikan sebagai ramuan herbal yang dapat mengobati penyakit luar. Cara pembuatan ramuan herbal tersebut sebagai berikut.

Cara mengobati panu dan kurap dengan menggunakan daun pohon gelinggang ini adalah dengan menghaluskan daunnya atau menumbuk daunnya. Kemudian bersihkan terlebih dahulu panu yang ada di tubuh dengan sabut kelapa atau kapas, sampai memerah. Kemudian oleskan ramuan daun gelinggang yang sudah dilumatkan terlebih dahulu.

Sedangkan untuk mengobati kadas atau kutu air, caranya rebuslah 10 helai daun gelinggang ini dengan 3 gelas air. Tunggu sampai air mendidih, jika air sudah mendidih maka angkatlah. Setelah air rebusan gelinggang itu hangat-hangat kuku, maka siramkanlah air tersebut ke tempat yang terkena kadas atau kutu air.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat daun gelinggang untuk pengobatan kulit. Tidak ada salahnya berikhtiar, dan berdoalah supaya penyakit Anda sembuh. Semoga bermanfaat.