Mar 13, 2016

Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apakah Anda pernah mencicipi masakan yang berbahan daun kucai? Daun kucai biasanya diolah menjadi sayur. Kucai yang bernama latin Allium schoenoprasum adalah jenis bawang-bawangan yang berbentuk kecil, kerucut dan panjangnya sekitar 2-3 cm dan lebar 1 cm. Sedangkan daun kucai berbentuk tabung hampa, dengan panjang mencapai 50 cm dan berdiameter 2-3 mm. Memiliki tekstur yang lembut, meskipun sebelum munculnya bunga dari daun, akan terlihat lebih keras dari biasanya. Apabila kucai berbunga, warna bunganya ungu pucat, berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga dan lebar bunganya 1-2 cm. Bawang kuncai berasal dari daerah Asia, Eropa dan Amerika Utara.

Selain wanginya yang khas, kucai juga memiliki kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Kandungan gizi yang ada di dalam daun kucai ini antara lain bersifat antibakteri, antioksidan, antikanker, dan antibiotik. Selain itu kucai juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit. Apa saja manfaat yang ditawarkan daun kucai? Berikut ulasan manfaat daun kucai untuk kesehatan.

manfaat-daun-kucai-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan
Mengatasi Hipertensi
Kucai mengandung senyawa tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil yang dapat mengobati hipertensi. Kemudian kandungan anti hipertensi yang terdapat dalam kucai sebanding dengan Atenolol berdosis 25 mg sebagai zat penurun hipertensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Farmasi ITB Bandung yang mengekstrak 240 mg kucai. Esktrak kucai ternyata mampu menurunkan tekanan darah sistolik sampai 28,67 mmHg dan tekanan diastolik sampai 4,64 mmHg.

Antioksidan
Kandungan diallyl sulphides yang terdapat kucai memiliki peran dalam mencegah oksidasi platelet di dalam darah sehingga bisa berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan juga berperan dalam melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh lingkungan tidak sehat disekitar kita, seperti asap rokok, asap kendaraan, bahkan makanan yang tidak sehat yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, senyawa Alisin juga dapat menghasilkan antioksidan yakni preoksidase glutation dan katalase.

Antibiotik
Selain itu, kucai juga mengandung zat aliin yang bisa digunakan sebagai antibiotik alami. Kandungan aliin ini berperan sebagai prekursor alisin yang terbentuk dari hidrolisasi dengan bantuan enzim aliinase. Selain itu Alisin juga berperan sebagai antibiotik, yang dapat memblokade aktivitas enzim penyebab infeksi dan gangguan metabolisme. Enzim yang dimaksud seperti halnya enzim cysteine proteinase dan alkohol dehidrogenase. Karena enzim cysteinase proteinase membantu mikroba merusak dan menembus lapisan sel, dan enzim alkohol dehidrogenase membantu mikroba tetap hidup dan berkembang biak di dalam sel. Kedua enzim ini ditemukan hampir pada semua bakteri, jamur, dan virus. Maka diperlukan pertahanan yang memadai agar tidak terjadi infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengatasi KankerSenyawa thiosulfinates yang terdapat didalam kucai memiliki peran untuk melawan sel kanker prostat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2001, ditemukan bahwa jika mengonsumsi 12,5 mg kucai perharinya dapat mengurangi resiko kanker paru-paru sampai 40 persen.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Daun kucai mengandung fibrin yang berperan Menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah terjadinya sembelit dan dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker usus. Sayur kucai ini lebih bermanfaat apabila Anda mengkonsumsinya secara teratur, karena dapat menjaga kestabilan berat badan Anda pula.

Menurunkan Kadar Gula dan Lemak Darah
Anda ingin mengurangi kadar gula dan kadar lemak darah? Jangan ragu untuk mengkonsumsi hidangan daun kucai. Karena terdapat senyawa ferulic acid yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula dan lemak darah berkurang. Penelitian yang dilakukan oleh Yeh Yu Yan dan Lijuan Liu dari Department of Nutrition The Pennsylvania State University menunjukkan bahwa kucai memiliki komponen sulfur yang banyak seperti diallyl sulfide, pada kosentrasi yang rendah dapat menurunkan lemak darah hingga 10-15 persen.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh. Bagi sebagian orang memang beranggapan bahwa mengkonsumsi daun kucai dapat berefek pada bau mulut maupun bau badan. Namun atasilah hal tersebut dengan berkumur atau bergosok gigi. Semoga bermanfaat