Mar 2, 2016

Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

1000 macam manfaat - Pernahkah anda melihat tumbuhan sambiloto? Tumbuhan ini sebenarnya jenis tumbuhan liar, sambiloto dapat juga di temukan di tempat-tempat seperti kabun, tepi sungai, tanah kosong yang lembab atau pekarangan. Namun tahukah Anda kalau sambiloto mempunyai manfaat khasiat untuk pengobatan. Sambiloto yang mempunyai nama latin Andrographis Paniculata Ness banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional. Bagian sambiloto yang digunakan untuk bahan pembuatan pengobatan herbal biasanya pada bagian daunnya. Daun sambiloto mengandung laktone dan flavonoid. Laktone di peroleh dari daun dan cabangnya, masing-masing mengandung deoxyandrographoldie, andropraholide (zat pahit), 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Terdapat juga alkane, keton, aldehid, mineral (kalsium, kalium, natrium), asam kersik dan damar. Flavonoid sendiri paling banyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrgrafin, pan ikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7, 4-dimetiler.

manfaat-daun-sambiloto-untuk-kesehatan-dan-pengobatan.jpg
Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Dari kandungan daun sambiloto pasti terdapat banyak khasiat yang kita peroleh apabila kita gunakannya sebagai obat herbal. Berikut ulasan mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dan pengobatan.

Anti Inflamasi
Daun sambiloto mengandung zat dehidroandrografollida, neoandrografolida dan andropolida yang mengurangi produksi histamin, dimetiol benzena dan adrenalin. Dehidroandrografolida dapat meningkatkan sintesis dan pengeluaran hormon ACTH di kelenjar pitutari. ACTH berfungsi mengeluarkan sinyal untuk membuat kortisol, yaitu agen anti inflamasi alami.

Anti Diabetes
Zat etanolik pada daun sambiloto dapat mencegah terjadinya hiperglikemik dan menurunkan stress oksidatif berdasarkan percobaan terhadap tikus diabetes. Sedangkan penelitian lain yang memberikan herbal dengan fortifikasi sambiloto sebanya 50 mg dan 100 mg selama 60 hari menunjukan penurunanan signifikan gula darah, meningkatkan kadar insulin plasma dan glikogen hepatik serta hemoglobin total.

Mengobati Diare
Menurut sebuah penelitian bakteri diare akut dapat diobati dengan konsumsi ekstrak sambiloto 500 mg sebanyak 3 kali sehari selama 6 hari. Komponen andrografolida dan neoandrografolida berperan dalam mengatasi diare.

Membantu Pengobatan HIV
Andrograpolida mencegah transmisi virus ke sel lain dalam tubuh dan menghentikan perkembangan penyakit dengan mengubah sinyal antar sel.

Anti Malaria
Ekstrak metanol dari daun sambiloto menunjukan aktivitas melawan Plasmodium berghei salah satu parasit transit malaria. Ekstrak metanolik ini mencegah terjadinya multiplikasi parasit. Selain itu ekstrak sambiloto njuga efektif mematikan cacing filariasis yang merusak saluran limpa. ekstrak etanol sambiloto juga efektif mematikan jamur dan bakteri berbahaya menurut berbagai penelitian.

Mencegah Penyakit Jantung
Ekstrak daun sambiloto dapat memperlamabat waktu pemebntukan plak yang menyempitkan pembuluh darah, membantu proses alami pelarutan plak dan menghaluskan otot saluran darah.

Manfaat Lain
Ekstrak daun sambiloto khususnya zat andrografolida menunjukan aktivitas yang efektif untuk mencegah penyakit hati/hepar, meningkatkan sistem imun, anti kanker, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan dan pengobatan. Sambiloto memiliki rasa yang sangat pahit sehingga sulit untuk mengkonsumsinya secara langsung. Oleh karena itu, Apabila Anda ingin mengkonsumsi daun sambiloto untuk pengobatan herbal konsumsilah dalam bentuk kapsul atau tablet ekstrak. Daun sambiloto juga dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau ditumbuk kemudian diseduh. Selamat mencoba.