Mar 31, 2016

Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pasti Anda sudah pernah memakan emping. Emping dibuat dari biji melinjo. Melinjo yang memiliki nama latin Gnetum gnemon Linn merupakan spesies tumbuhan berbiji terbuka yang berbentuk pohon. Melinjo memiliki julukan berbeda ditiap daerah, seperti tangkil (sunda), mlinjo (jawa), khalte (kamboja), mulieng (Aceh), manenjo (Belitung), dan bago (melayu). Melinjo digunakan sebagai bahan makanan seperti sup, emping dan lain-lain. Walaupun memiliki rasa yang pahit, biji melinjo juga memiliki kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Kandungan gizi dalam biji melinjo antara lain lemak, sodium, karbohidrat, serat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, mangan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tri Agus Siswono dari Universitas Jember, mengemukakan bahwa aktivitas antioksidan dalam biji melinjo setara dengan vitamin C. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton, protein tersebut sangat efektif untuk menghabisi radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini, dan lain-lain. Manfaat apa sajakah yang ditawarkan oleh melinjo? Berikut uraian mengenai manfaat melinjo bagi kesehatan.

manfaat-melinjo-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker dan Tumor
Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel-sel sehat dari efek radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam melinjo ternyata dapat membantu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi yang berada disekitar kita dan pola hidup yang tidak sehat yang dapat memicu datangnya serangan kanker atau tumor sehingga sel-sel dalam tubuh kita terproteksi.

Mencegah Anemia
Zat besi yang terdapat dalam melinjo dapat membantu kinerja sel darah merah dalam memasok oksigen keseluruh tubuh dengan bantuan hemoglobin. Apabila tubuh kekurangan senyawa zat besi, otomatis pasokan sel darah merah tidak terpenuhi dan berakibat pula pada kinerjanya.

Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini bisa disebabkan karena serangan radikal bebas yang berasal dari pola hidup yang tidak sehat atau karena polisi disekitar kita yang bisa membuat penampilan kulit menjadi lebih tua. Penuaan dini dapat ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang tidak elastis. Konsumsi buah melinjo bisa mencegah penuaan dini karena kandungan bahan antioksidan alami dalam buah melinjo. Namun dalam mengkonsumsi melinjo janganlah berlebihan.

Bahan Alami untuk Hipertensi
Bahan antioksidan yang ditemukan pada manfaat buah melinjo, juga sangat baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi bisa menyebabkan jenis penyakit komplikasi seperti stroke dan jantung. Sebuah protein khusus yang ditemukan pada buah melinjo bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Antimikroba Alami
Kandungan peptida yang diisolasi dari biji melinjo diketahui  memiliki fungsi dalam menghambat beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif. Itu artinya protein melinjo juga bisa dipakai sebagai pengawet alami makanan sekaligus obat baru untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Obat Luka
Jika Anda mengalami luka, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan daun buah melinjo. Cara membuatnya dengan menumbuk daun melinjo dengan tambahan bawang putih. Oleskankan ramuan yang tadi ditumbuk pada luka selama beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Luka akan menjadi cepat kering karena kandungan antioksidan alami yang terdapat dalam daun melinjo.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat melinjo untuk kesehatan. Namun perlu Anda ketahui bahwa memang melinjo dapat mengakibatkan asam urat karena kandungan purinnya. Peningkatan asam urat terjadi karena asupan purin tinggi dari makanan secara berlebihan dan gangguan metabolisme purin. Jadi sebaiknya janganlah berlebihan dalam mengkonsumsi melinjo. Semoga bermanfaat.