Mar 18, 2016

Manfaat Terong Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Terong sudah populer dikalangan masyarakat dan menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat. Selain terong ungu, ada juga terong hijau yang biasanya dijadikan lalapan sebagai teman sambal. Terong juga bisa dijadikan beragaman masakan seperti sayur lodeh, balado terong, sambal goreng terong, dan lain-lain.

Namun banyak orang yang beranggapan apabila mengkonsumsi terong akan mengalami masalah kesehatan baik bagi pria maupun wanita. Janganlah percaya! Karena para ahli telah membuktikan bahwa terong memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Terong memiliki kandungan gizi berupa folat, serat, vitamin B molibdenum, mangan, tembaga, kalium, vitamin K, triptofan, vitamin C dan magnesium. Dari kandungan gizi tersebut, apa sajakah manfaat yang ditawarkan terong untuk pengkonsumsinya? Berikut ulasan mengenai manfaat terong untuk kesehatan.

manfaat-terong-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Terong Bagi Kesehatan
Mencegah Kanker dan Tumor
Dalam kulit terong mengandung senyawa nasunin. Senyawa nasunin merupakan senyawa antioksidan yang memiliki kemampuan antiangiogenic. Selain itu, vitamin E juga sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan atau sel dari radikal bebas yang berasal dari lingkungan tidak sehat.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat dalam terong dapat membantu proses metabolisme usus. Vitamin B3 atau niacin yang terdapat dalam terong juga berperan dalam membantu sistem pencernaan. Karena didalam pencernaan, Senyawa niasin berperan dalam membantu mengubah makanan menjadi senyawa gizi protein, karbohidrat dan lemak menjadi energi.

Menyehatkan Jantung
Terong mengandung senyawa folat yang berperan penting dalam kinerja jantung. Karena kekurangan folat dapat mengakibatkan risiko penyakit jantung koroner, komplikasi dan stroke. Selain itu, terong mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga baik untuk mengatasi disfungsi ereksi yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah.

Menyehatkan Kulit
Kandungan mineral dan Vitamin E dalam terong berperan juga dalam melembapkan kulit dan dehidrasi kulit sehingga terhindar dari masalah kulit seperti keriput. Selain itu, vitamin E juga berperan dalam penuaan dini.

Mencegah Alzheimer
Terong mengandung thiamin yang dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Penyakit ini ditandai dengan melemahnya daya ingat hingga gangguan otak. Thiamin juga berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan memori. Makanya, Thiamin dikenal sebagai vitamin moral karena memiliki manfaat yang positif pada sistem saraf dan sikap mental yang sehat.

Mencegah Osteoporosis
Menjaga kesehatan tulang sangatlah diperlukan karena dimasa lansia sangat rentan terkena osteoporosis. Terong mengandung vitamin K dan kalsium yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Maka jagalah tulang Anda salah satunya dengan menkonsumsi sayuran ini.

Mencegah Anemia
Terong mengandung zat besi yang berperan dalam membantu kerja hemoglobin dan sel dalam merah dalam mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Apabila Anda kekurangan senyawa zat besi, kinerja sel darah merah akan terganggu sehingga timbulah anemia.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat terong untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan terong, cobalah untuk mengkreasikan terong dalam berbagai masakan sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.