Mar 15, 2016

Pengobatan Asam Urat Dengan Bahan Alami

1000 macam manfaat - Bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun keatas, apakah pernah merasakan tulang membengkak atau meradang? Hati-hati lah dengan kondisi seperti itu, bisa saja itu gejala dari asam urat. Penyakit asam urat biasanya menyerang persendian tubuh seperti sendi jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, bahu, tumit, siku dan lutut. Selain itu badan terasa pegal-pegal, selalu merasa capek, munculnya ngilu dan kesemutan, dan kesulitan untuk buang air kecil padahal kondisi seperti ingin buang air kecil. Penyakit asam urat muncul akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Di dalam metabolisme tubuh zat purin berubah menjadi asam urat. Nah, banyaknya asam urat yang menumpuk dipersendian inilah yang menjadi pemicu datangnya penyakit asam urat.

Apabila Anda ingin terhindar dari penyakir asam urat sejak dini maka perlu menjaga porsi atau menu makan dan aktivitas Anda. Dan bagi Anda yang sudah mengidap penyakit asam urat, Anda juga harus menjaga porsi dan pola makan Anda agar tidak terjadi masalah serius. Makanan yang perlu dihindari bagi penderita penyakit asam urat antara lain makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan mentega, makanan yang mengandung kaya protein dan lemak, buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa, daging-dagingan baik itu hewan laut ataupun darat, dan jeroan serta kurangi makanan yang mengandung fruktosa seperti gula, sirup, dan permen. Jangan terlalu kelelahan dan hindari meminum aspirin, itu juga hal yang perlu dihindari oleh penderita asam urat.

pengobatan-asam-urat-dengan-bahan-alami.jpg
Pengobatan Asam Urat Dengan Bahan Alami

Namun Anda jangan khawatir, ada juga makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Makanan tersebut antara lain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong dan ubi. Makanan yang berpotasium tinggi seperti buah pisang, yogurt dan kentang. Vitamin C seperti buah jeruk, jambu, pepaya, strawberry, buah naga, belimbing wuluh, tomat. Kemudian sayur sawi putih, sawi hijau, labu kuning, serai dan jahe juga dibolehkan. Jangan lupa berolahragalah secara rutin setiap hari dan perbanyak minum air putih.

Selain dengan menggunakan obat-obatan, penyakit asam urat bisa Anda atasi dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar Anda. Apa sajakah bahan-bahan alami yang bisa dijadikan untuk pengobatan asam urat? Berikut ulasannya.

Daun Salam
Daun ini dikenal sebagai bahan pelengkap bumbu masakan khas nusantara. Namun siapa sangka daun salam memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Cara meracik ramuan herbalnya dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minumlah dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Sidaguri
Tanaman ini memiliki nama yang berbeda disetiap daerah, meliputi guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Bagian akar sidaguri yang kita digunakan untuk bahan membuat ramuan. Cara untuk membuat ramuannya dengan merebus 10 sampai 15 gram akar sidaguri dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minumlah 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10 sampai 15 gram dan cara membuatnya sama.

Kumis Kucing
Tanaman kumis kucing sudah banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa digunakan menjadi penetral kerja ginjal karena mengandung senyawa penting salah satunya senyawa orthosiphonin glikosida. Senyawa inila juga dapat membantu tubuh membuang kelebihan asal urat lewat urin. Cara membuat ramuan peluruh asam urat, yaitu dengan menggunakan 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah yang sudah dibersihkan, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Sambiloto
Tanaman ini memiliki banyak nama, antara lain papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Tanaman ini memiliki sifat antiradang, penghilang nyeri atau analgetik dan juga penawar racun. Bagi Anda yang mau membuat sambiloto sebagai ramuan herbal, Anda bisa membuatnya dengan cara merebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 hingga 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minumlah 3 kali satu gelas setiap hari. Dan 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Ubi Jalar Merah
Rasanya yang manis dan mengandung karbohidrat kompleks dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat. Selain itu, ubi ini ternyata dapat mengatasi asam urat. Cara menggunakan ubi jalar ungu sebagai ramuan herbal yaitu dengan mencampurkan 200 gram ubi jalar, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 1000 ml air, dan 5 gram biji pala. Caranya yaitu, rebus semua bahan tadi ke dalam 1000 ml air, didihkan hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum airnya. Namun, untuk ubi jalar sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung atau dimakan langsung.

Pare
arasanya yang pahit, buah pare dipercaya ampuh mengatasi penyakit asam urat. Cara menggunakan buah pare untuk dijadikan ramuan peluluh asam urat antara lain 1 buah pare, 2 gelas air. Caranya yaitu dengan membuang biji buah pare, setelah itu cuci bersih buah pare dan potong-potong, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan pare tadi. Minum secara teratur 1 kali sehari.

Cocor Bebek
Tanaman ini biasanya dijadikan hiasan. Namun disisi lain, daun cocor bebek memiliki manfaat yang dahsyat dalam mengatasi asam urat. Kalau Anda ingin mencoba membuat ramuan herbal untuk mengatasi asam urat Anda, bisa dilakukan dengan mencampurkan 4 lbr daun sosor bebek, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, jahe 10 gram, dan 600 ml air. Caranya dengan rebus semua bahan yang sudah dibersihkan ke dalam 600 ml air bersih, lalu didihkan hingga tersisa 300 ml air. Kemudian saring air rebusan tadi, dan minum ramuannya hingga 3 kali sehari secara teratur. Minum 300 ml air ramuan tadi dibagi 3 kali untuk satu kali minum.

Demikian ulasan mengenai pengobatan asam urat dengan bahan alami. Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter supaya kesehatan Anda terkontrol dan jangan lupa terapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat