Apr 6, 2016

Cara Mengatasi Anemia Dengan Bahan Alami

1000 macam manfaat - Pernahkah Anda mengalami pusing, lelah, letih, lesu dan lemas. Anemia terjadi karena kurangnya pasokan sel darah merah dalam tubuh sehingga kinerja sel darah merah terbengkalai. Sel darah merah sendiri mengandung hemoglobin yang bertugas sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Seseorang dikatakan mengidap anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan. Penyebab timbulnya anemia karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat bezi, vitamin B12, asam folat dan vitamin C serta unsur lainnya yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Namun kekurangan zat besi adalah penyebab utama terjadinya anemia.

Untuk mencegah datangnya anemia, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membantu kinerja sel darah merah salah satunya makanan yang kaya kandungan zat besinya. Makanan yang mengandung zat besi antara lain sayuran yang berwarna hijau, daging ayam, daging bebek, ikan, kacang-kacangan, dan lain-lain. Kemudian Anda juga perlu memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi. Kemudian makanan apa lagi yang dapat membantu mengatasi dan mengobati anemia? Berikut ulasan mengenai cara mengatasi anemia dengan bahan alami.

cara-mengatasi-anemia-dengan-bahan-alami.jpg
Cara Mengatasi Anemia Dengan Bahan Alami

Kacang Hijau
Lezatnya olahan dari bahan kacang hijau ternyata dapat mengatasi anemia lho. Kandungan gizi dari kacang hijau antara lain vitamin B1, B12, dan niacin. Cara membuat ramuannya untuk mengatasi anemia sangatlah mudah. Cukup sediakan 1 (satu) cangkir kacang hijau, lalu cucilah. Kemudian rebus dengan 2 (dua) gelas air putih hingga airnya tersisa 3/4. Minumlah air rebusan tersebut saat mendingin atau suam-suam kuku sebanyak 2 kali sehari.

Daun Kacang Panjang
Kandungan zat besi dalam daun kacang panjang ternyata dapat mengatasi anemia yang Anda derita. Cara membuat hidangan penangkal anemia juga cukup mudah. Caranya cucilah terlebih dahulu daun kacang panjang. Kemusian rebuslah air untuk merebus daun kacang panjangnya. Setelah air masak, masukkan daun kacang panjang sampai kira-kira empuk. Setelah daun empuk, tiriskanlah. Setelah daun kacang panjang dingin, Anda bisa mengkonsumsi daun kacang panjang yang telah masak tersebut dengan ditemani sambal kacang atau sambal terasi supaya terasa nikmat dan merasakan nikmatnya bebas dari anemia.

Tapak Liman
Tanaman tapak liman juga menjadi salah satu tumbuhan yang dapat mengatasi anemia. Kandungan tapak liman meliputi saponin, flavonoid, dan polifenol. Dari hasil penelitian pun mengungkapkan bahwa kandungan zat besi dalam tapak liman baik di akar dan daun ini mengandung kadar zat besi tinggi, seperti dalam akarnya mengandung zat besi sebesar 45,4 mg% dan pada daun mengandung zat besi sebesar 30,2%. Cara membuat ramuan herbal untuk mengobati anemia bisa dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga batang tapak liman, cucilah kemudian rebus batang tapak liman dengan 3 gelas minum sampai airnya tinggal 3/4 bagian. Setelah dingin saring, lalu tambahkan madu secukupnya. Ramuan ini untuk sekali minum. Dalam sehari dianjurkan minum 2x.

Bayam 
Zat besi dalam bayam juga dapat membantu Anda mengatasi anemia yang menyerang. Selain kandungan zat besinya, bayam juga mengandung garam fosfat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Kemudian kandungan lainnya meliputi amarantin, kalium nitrat, dan piridoksin. Cara membuat ramuan herbal untuk mengobati anemia sangatlah mudah. Caranya ambil setengah genggam bayam lalu cucilah. Kemudian gilinglah sampai halus. Lalu tambahkan air matang 1/2 gelas. Kemudian saringlah. Air bayam itulah yang kita gunakan untuk ramuan mengatasi anemia. Untuk menambah khasiatnya, sebaiknya tambahkanlah satu kuning telur ayam dan 1 sdm madu. Aduk campuran itu hingga rata. Ramuan tersebut untuk sekali minum, dilakukan 2x sehari.

Umbi-umbian
Makanan sehat lainnya yang berkhasiat mencegah anemia adalah umbi-umbian, seperi ubi jalar, singkong, kentang dan lainnya. Tidak hanya kaya asam folat dan kalium, ubi jalar juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibuat kolak, atau bahkan sebagai campuran jus.

Pisang
Buah pisang kaya akan kandungan zat besi, kalium dan vitamin serta mineral. Konsumsilah buah pisang setiap hari karena tidak hanya memberi manfaat untuk menyembuhkan anemia tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya. Makanya buah pisang ini menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengobati anemia.

Gula Merah
Mengkonsumsi gula merah menjadi salah satu alternatif untuk mengobati anemia yang Anda derita. Gula merah mengandung kaya akan zat besi dan dapat meningkatkan kadar hemoglobin yang membantu kinerja seldarah merah. Jika Anda ingin mengkonsumsi setiap hari, Anda dapat mencampurnya dengan teh atau sebagai pemanis makanan.

Kurma
Buah kurma juga dapat membantu meningkatkan dan memproduksi sel darah merah. Karena kandungannya berupa zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Buah ini menjadi salah satu hidangan terbaik untuk menyembuhkan anemia. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau bisa juga dengan merebus kurma dengan susu lalu minum secara rutin setiap hari.

Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi nutrisi tubuh Anda terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit seperti halnya anemia. Tak ada salahnya jika Anda mencoba mengkonsumsi bahan alami untuk mengatasi anemia yang Anda derita. Semoga bermanfaat.