Apr 28, 2016

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Kayu manis yang bernama latin Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum, memiliki aroma yang harum dan sedap, sehingga digunakan dalam berbagai macam kuliner sebagai bumbu rempah masakan. Memang unik sekali, karena bagian kulit dari batang pohon kayu manis yang digunakan dan bermanfaat dalam berbagai hal. Selain dijadikan sebagai penambah cita rasa pada masakan, kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Kayu manis telah lama digunakan dalam pengobatan Cina dan Ayurveda India untuk mengobati kondisi seperti flu, gangguan pencernaan, kram, meningkatkan energi, vitalitas dan sirkulasi darah. Tak terlepas dari khasiatnya, kayu manis mempunyai senyawa yang diperlukan tubuh dan juga dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan tubuh Anda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kayu manis memiliki kandungan senyawa sinamaldehid turunan dari senyawa fenol. Dalam dunia kedokteran diketahui bahwa senyawa sinamaldehid memiliki sifat anti-agregasi platelet dan sebagai vasodilasator secara in vitro. Platelet sendiri adalah kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan penggumpulan (agregasi) platelet pada pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau lemak mengeras pada pembuluh aerteri. Kemudian apa sajakah manfaat lain yang ditawarkan kayu manis? Berikut ulasan manfaat kayu manis untuk kesehatan.

manfaat-kayu-manis-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Menurunkan Resiko Stroke dan Aterosklerosis
Kadungan senyawa sinamaldehid yang terdapat dalam kayu manis dapat menurunkan resiko stroke karena sifat anti-agregasi platelet yang dapat mencegah menempelnya kolesterol dalam pembuluh darah. Maka tambahkanlah kayu manis dalam hidangan masakan Anda agar Anda dan keluarga terhindar dari resiko stroke.

Menetralkan Gula Darah
Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa kayu manis dapat mengatur gula darah. Jadi janganlah ragu untuk menjadikan kayu manis sebagai bahan tambahan penyedap masakan Anda sekaligus sebagai penetral gula darah Anda.

Menurunkan Berat Badan
Obesitas bagi sebagian orang mungkin tidaklah nyaman. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, bisa mengandalkan kayu manis sebagai ramuannya. Campuran kayu manis dengan madu dalam air hangat dapat dijadikan ramuan penurun berat badan tapi disertai diet sehat dan olahraga yang rutin pula. yaa.

Sebagai Antibakteri
Kayu manis bisa juga digunakan sebagai pengawet makanan Anda karena mengandung senyawa antibakteri. Jadi apabila Anda memasak dengan menambahkan kayu manis sebagai bumbu masak, janganlah khawatir bila makanan Anda cepat basi atau pembusukan makanan karena kayu manis dapat mengawetkan makanan Anda lebih lama.

Mengatasi Diabetes Tipe 2
Percobaan pada orang dengan diabetes tipe 2 yang diberi ekstrak kayu manis secara signifikan mengalami penurunan kadar gula darah. Karena kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme glukosa hingga sekitar 20 kali, sehingga bisa secara signifikan dapat meningkatkan regulasi gula darah. Selain itu, kayu manis berperan dalam membantu mengurangi peningkatan gula darah setelah makan, memperlambat pengosongan lambung, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kemudian kayu manis juga mengandung bioflavonoid yang dikenal sebagai proantosianidin dan senyawa ini dapat mengubah aktivitas insulin dalam sel-sel lemak.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Di dalam kayu manis mengandung cinnamaldehyde yang dapat mengaktifkan efek antioksidan yang dapat melindungi sel epitel pada usus manusia, sehingga dapat mencegah datangnya kanker usus besar.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan. Memang belum ada penelitian yang menerangkan mengenai risiko konsumsi kayu manis secara berlebihan akan menimbulkan beracun, terutama pada orang dengan gangguan hati. Namun bahan dalam beberapa produk kayu manis misalnya coumarin, dapat menyebabkan masalah hati. Jadi apabila terdapat efek setelah mengkonsumsi kayu manis, Anda perlu berkonsultasi segera ke dokter. Semoga bermanfaat.