Apr 22, 2016

Manfaat Kol Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Kol yang memiliki nama latin Brassica oleracea L., Kobis merupakan sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Kol sama dengan kubis, sayuran yang dapat dimakan dengan diacar, dikukus, direbus, ditumis, dan dimakan mentah atau lalapan. Tak ketinggalan, kol juga menjadi sebagai pelengkap dalam makanan gado-gado. Ciri kol berbentuk krop dan dari warnanya kol ada yang berwarna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra). Segarnya sayur kol, ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan tubuh yaitu antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin. Kemudian kandungan mineralnya antara lain kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Dari kandungan gizi yang terdapat didalam sayur kol, tak heran bila terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam dunia pengobatan tradisional, kol berguna untuk mengobati peradangan. Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, kol dapat digunakan sebagai sayuran anti kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sayuran ini. Lalu apa saja manfaat kol bagi kesehatan? Berikut pembahasannya.

manfaat-kol-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Mengatasi Anemia
Anemia terjadi karena kurangnya pasokan sel darah merah dalam tubuh sehingga perannya dalam mengedarkan oksigen keseluruh tubuh terbengkalai sehingga tubuh terasa letih dan lemas. Zat besi merupakan zat yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah agar kinerjanya lebih produktif.

Menurunkan Berat Badan
Kol merupakan salah satu sayuran yang dapat Anda konsumsi sebagai menu diet Anda. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori yang terdapat dalam kol dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak akan menyebabkan berat badan Anda naik.

Detoksifikasi Tubuh
Kandungan vitamin C yang menghasilkan senyawa antioksidan ternyata berperan penting dalam tubuh. Salah satunya sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berasal dari dalam atau luar tubuh yang dapat mengakibatkan tumbuhnya sel abnormal. Jadi, jika Anda mengkonsumsi ikan goreng atau ikan bakar sebaiknya makanlah pula lalapan kol yang berguna sebagai penetral.

Mencegah Kanker
Kandungan senyawa seperti seperti sinigrin, lupeol dan sulforaphane berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker dan tumor. Selain itu senyawa antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, juga dapat mencegah datangnya sel kanker.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Kandungan potassium yang terdapat dalam kubis ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di seluruh tubuh tetap lancar.

Meningkatkan Kinerja Otak
Vitamin K dan antosianin yang terdapat dalam kol dapat berperan dalam kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia.

Baik Untuk Kesehatan Mata
Beta-karoten yang terdapat dalam kol dapat mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata serta mencegah pembentukan katarak dan gangguan mata lainnya.

Baik Untuk Tulang dan Gigi
Kol mengandung senyawa mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium, yang memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Menyehatkan Jantung
Jantung sangat penting perannya dalam kehidupan manusia makanya perlu dijaga kesehatannya. Kandungan kalium yang terdapat dalam kol sangat baik untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah agar tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Itulah pembahasan mengenai manfaat kol untuk kesehatan. Jika Anda tidak menyukai kol, cobalah untuk mengolah kol dalam berbagai macam hidangan sesuai selera Anda agar tetap menikmati manfaat kol yang kaya akan manfaat.

Tags :