Apr 14, 2016

Manfaat Petai Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Bagi Anda yang suka dengan lalapan, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya petai. Wangi dan rasa khas petai memang tak semua orang suka dengan lalapan satu ini. Karena bagi sebagian orang petai dinilai dapat menimbulkan bau mulut dan bau tidak sedap lainnya. Petai yang memiliki nama latin Parkia speciosa, memiliki panggilan lain antara lain pete, peuteuy dan mlandingan. Petai juga dikenal oleh penduduk Amerika dan menyebut lalapan ini sebagai makanan yang sangat mengerikan didunia atau the most horrible food in the world karena baunya yang menusuk. Tak ada salahnya juga jika Anda mencobanya dengan cara dimasak terlebih dahulu atau bisa juga dengan menggunakan sambal sebagai teman petai. Tetapi dalam mengkonsumsi petai disarankan tidak secara berlebih karena mengandung asam amino yang tinggi. Kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam petai antara lain karbohidrat, serat, protein, forfor, vitamin A, Vitamin C, zat besi, kalium, dan gula alami (sukrosa, fruktosa dan glukosa). Dari kandungan tersebut pastinya petai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat yang diberikan petai untuk pengkonsumsinya? Berikut ulasan mengenai manfaat petai untuk kesehatan.

manfaat-petai-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi dalam petai dapat membuat Anda terhindar dari anemia. Anemia terjadi karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Yang mana sel darah merah berperan penting dalam mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Dan dalam memproduksi sel darah merah, zat besi sangat berperan penting dalam pembuatannya.

Meringankan Depresi
Kandungan tryptophhan dalam petai ini merupakan zat sejenis dengan protein yang di ganti tubuh jadi serotonin, yang memiliki efek merilekskan si pengkonsumsi, memperbaiki mood dan pastinya dapat membuat seseorang lebih tenang. Dalam survei yang dilakukan mind, banyak orang yang bertambah baik setelah mengkonsumsi pete.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Petai ternyata baik untuk saluran pencernaan lho. Karena kandungan serat yang tinggi. Dan tak hanya itu, fosfor juga dapat membantu proses pencernaan agar lancar dan bekerja efektif. Jadi jangan takut jika Anda mengkonsumsi petai karena lalapan ini bisa menjaga kesehatan usus Anda dan dapat terhindar dari kegemukan.

Manjaga Kesehatan Ginjal
Selain baik untuk pencernaan, petai juga berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal karena kandungan fosfornya. Dimana fosfor berfungsi untuk memperlancar pembuangan limbah dan racun dari ginjal, melalui proses buang air kecil dan ekskresi.

Menyehatkan Jantung
Protein yang terdapat dalam petai ternyata berperan penting untuk memelihara kesehatan jantung. Protein dapat melindungi tubuh dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari petai. Protein dalam petai dapat mengancam jenis kolesterol buruk yang bisa menyebabkan resiko penyakit jantung. Jadi, protein berperan penting dalam membuat kesehatan jantung ibu hamil dan janin menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung lain.

Membantu Kinerja Otak
Kandungan lain yang terdapat dalam petai yaitu fosfor, yang berperan dalam menjaga fungsi otak agar tetap baik, guna pertumbuhan kognitif dan perkembangan pada otak. Sebanyak 200 pelajar di sebuah sekolah di Twickenham, telah membantu penelitian dengan cara mengkonsumsi petai saat sarapan dan tengah hari, yang bertujuan untuk melihat apakah dapat meningkatkan kemampuan otak mereka ataukah tidak. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa kalium yang banyak terdapat dalam petai yang membantu para pelajar menjadi lebih peka.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat petai untuk kesehatan. Bagi Anda yang tidak menyukai petai, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya atau menambahkan sambal untuk dijadikan teman petai. Eitss... Bagi Anda yang suka sekali dengan petai, disarankan jangan berlebihan mengkonsumsinya ya karena kandungan asam aminonya yang tinggi dapat menyebabkan asam urat, jadi makanlah secukupnya saja. Semoga bermanfaat.