Apr 11, 2016

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apa yang Anda bayangkan jika Anda mendengar bahkan menjalani puasa? Haruskah Anda sedih atau haruskah Anda senang? Yah... bergembiralah jika Anda melakukan ibadah puasa, baik itu berpuasa sunah ataupun puasa wajib. Selain Anda mendapatkan pahala dari niat yang Anda lantunkan dalam hati, Anda juga secara tak sadar telah menjaga dan memelihara kesehatan tubuh Anda dari racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh. Kemudian puasa juga dapat menghilangkan kelebihan lemak dalam tubuh kita, mengurangi kadar gula darah, pola makan sehat yang teratur, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. Meskipun untuk sebagian orang menjalani ibadah puasa dirasa cukup berat, namun dalam hal berpuasa ternyata terdapat keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan. Allah telah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Kemudian ditegaskan pula manfaat puasa melalui sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: Berpuasalah maka kamu akan sehat, Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Lalu manfaat apa saja yang dapat kita peroleh jika berpuasa? Berikut ulasan mengenai manfaat berpuasa untuk kesehatan.

manfaat-puasa-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Menurunkan Stress
Jika seseorang melakukan puasa dengan keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa, hal ini ternyata dapat menurunkan tingkat stress seseorang. Saat seseorang marah, maka terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Jika adrenalin meningkat maka dapat berpengaruh dalam memperkecil kontraksi otot empedu, penyempitan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga dapat menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Semua hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya

Memperbaiki Kondisi Mental
Penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli di Moskow dengan meneliti seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata berpuasa dapat mempengaruhi sekitar 65% dalam perbaikan kondisi mental yang bermakna. Dalam penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa dalam berpuasa khususnya puasa Ramadhan, dapat mengurangi risiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi.

Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa disaat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Walaupun keseluruhan sel darah putih tidak ada perubahan, ternyata sel T mengalami perubahan dan kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru mengungkapkan fakta bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan serangan penyakit jantung.

Regenerasi Fungsi dan Kinerja Sel
Saat sedang menjalani ibadah puasa, ternyata terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga, memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Selama menjalankan puasa secara tidak langsung organ-organ pencernaan akan beristirahat mencerna makanan. Namun fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal, terutama produksi sekresi pencernaan. Kemudian sistem pencernaan juga memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Sehingga sangat membantu mengontrol keseimbangan cairan tubuh dan membersihkan tubuh dari sisa-sisa atau endapan makanan.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat puasa untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan pula bahwa dalam berpuasa tidak menghentikan produksi asam lambung, sehingga bagi penderita maag terutama yang sudah akut agar tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya sebelum memilih berpuasa. Semoga ibadah puasanya diterima dan mendapat pahala, Amin...