Apr 18, 2016

Manfaat Tanaman Keji Beling Untuk Pengobatan

1000 macam manfaat - ernahkah Anda melihat tumbuhan keji beling. Yah, tumbuhan ini biasanya dijadikan sebagai pagar hijau. Namun bagi sebagian orang tumbuhan keji beling dianggap sebagai tanaman liar yang tidak berguna. Wah, jangan salah, tahukah Anda bahwa tanaman keji beling juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk dijadikan obat tradisional? Tanaman keji beling yang bernama ilmiah Strobilanthes crispus, memiliki julukan lain antara lain ngikilo, enyah kilo, keci beling, picah beling, sumbang getah, yang mana tanaman keji beling ini telah digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Salah satunya di Malaysia, daun tanaman ini telah digunakan untuk ramuan tradisional sebagai obat kanker, kencing manis, serta digunakan sebagai agen diuretik. Tidak diragukan lagi, pasti kandungan dari tanaman ini sangat beragam sehingga dapat dimanfaatkan sebagai ramuan herbal. Tanaman keji beling memiliki kandungan senyawa yang diperlukan tubuh, antara lain kalium, kalsium, natrium, ferum, fosfor, dan kandungan mineralnya pun sangat tinggi. Kemudian di dalam daunnya mengandung vitamin C, B1, B2 yang tinggi pula. Batang Keji Beling mengandung tanin dan saponin. Sedangkan akarnya mengandung polifenol dan flavonoid. Setelah kita simak bersama mengenai melimpahnya kandungan dalam tumbuhan keji beling, lalu apa saja sih manfaat tumbuhan keji beling untuk pengobatan? Berikut pembahasannya.

manfaat-tanaman-keji-beling-untuk-pengobatan.jpg
Manfaat Tanaman Keji Beling Untuk Pengobatan
Mengobati Tumor dan Kanker
Datangnya kanker dan tumor biasanya karena faktor dari lingkungan sekitar atau dari pola makan yang tidak sehat. Namun jangan khawatir, Tuhan menciptakan makhluk hidup pasti ada manfaatnya, salah satunya tumbuhan keji beling ini. Anda bisa berikhtiar menggunakan tumbuhan ini sebagai obat tradisional. Bagian yang diperlukan yaitu daun keji beling mentah dan segar sebanyak 3 lembar. Caranya dengan dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Namun Anda juga harus tidak mengkonsumsi ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol dan tape, limun dan vitzin.

Mengobati Diabetes Mellitus
Kandungan ekstrak air keji beling diuji sebagai agen anti-diabetes. Ektrak daun keji belingnya mampu menurunkan kadar gula darah dan kandungan antioksidannya yang tinggi sangat penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Bahan yang digunakan dalam pembuatan ramuan herbal ini bisa berupa daun keji beling mentah dan segar sebanyak 3 lembar. Caranya cukup dimakan sebagai lalapan setiap hari namun bersihkanlah terlebih dahulu.

Mengobati Penyakit Lever ( Sakit Kuning)

Selain disebabkan oleh virus, penyakit liver juga bisa disebabkan oleh pola makan yang salah dan dari obat yang biasa kita konsumsi seperti parasetamol, antibiotik, arsenal, serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood. Namun jangan khawatir, Anda bisa mencoba menggunakan tanaman keji beling sebagai obat herbalnya. Cara menggunakannya dengan mengkonsumsi daun keji beling mentah segar sebanyak 3 lembar sebagai lalapan.

Mengatasi Ambeien 
Ambien bukanlah penyakit, tapi disebabkan oleh perubahan pada bantalan pembuluh darah di anus yang berupa pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. Konstipasi yang berlangsung lama juga dapat mengakibatkan datangnya ambeien. Cara agar terhindar dari ambien, cukup dengan memakan bagian daun keji beling sebanyak 3 lembar yang mentah sebagai lalapan.

Mengatasi Kencing Batu
Kencing batu terjadi karena supersaturasi, yang mana didalam urine terdapat zat yang melebihi kapasitas dan kemampuan cairan urine kurang maksimal untuk melarutkannya. Zat yang dimaksud berupa garam-garaman dari oksalat, asam urat, sistein dan xantine. Sehingga jika kadar garamnya tinggidisertai dengan pengurangan volume urine maka akan mengakibatkan terjadinya kristalisasi. Agar dapat terhindar dari kencing batu, Anda dapat menggunakan keji beling sebagai ramuan herbal. Caranya gunakanlah daun keji beling sebanyak 1 gram dan daun tembuyung sebanyak 10 gram, kemudian rebus dengan air 100 ml selama 15 menit. Setelah dingin saringlah dan minum 1 kali sehari sebanyak 100 ml.

Menetralkan Kolesterol Tinggi
Meningkatnya kolestrol dalam darah disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Anda dapat menetralkan kolesterol Anda dengan mengkonsumsi keji beling, dengan cara memakan daun keji beling mentah dan segar sebagai 3 lembar sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.

Demikian ulasan mengenai manfaat tanaman keji beling untuk pengobatan. Semoga bermanfaat...