May 14, 2016

Manfaat dan Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Brokoli yang memiliki nama latin Brassica oleracea L merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah dibudidayakan pada masa Yunani Kuno. Brokoli masuk ke Indonesia belum lama, sekitar tahun 1970an dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Brokoli hidup pada cuaca dingin. Cara terbaik mengolah brokoli yaitu dengan dikukus, agar segala vitamin dan nutrisi penting yang berada di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Jika direbus, kandungan gizi pada brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % termasuk asam folat. Kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli antara lain serat, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, kalori dan sejumlah mineral penting lainnya. Dari kandungan gizi tersebut, brokoli menarkan manfaat luar biasa untuk pengkonsumsinya. Apa sajakah manfaat dan khasiat brokoli untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

manfaat-dan-khasiat-brokoli-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat dan Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker
Para ilmuan mengungkapkan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang berperan dalam mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker ovarium, usus besar, kandung kemih dan kanker payudara. Karena brokoli mengandung senyawa fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate yang dapat membantu mencegah sel kanker.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Tingginya magnesium dan kalium dalam brokoli membuatnya menjadi sayuran yang amat bermanfaat untuk menjaga dan membantu kinerja sistem saraf agar optimal.

Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan asam lemak omega-3, vitamin C dan vitamin K dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiga senyawa gizi tersebut berperan dalam membangun kesehatan mental dan dapat membantu meningkatkan memori otak.

Menurunkan Berat Badan
Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan serat yang sangat mendukung program diet atau penurunan berat badan Anda. Dengan kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, brokoli juga memiliki rendah kalori dan lemak yang dapat membantu program diet Anda.

Menyehatkan Mata
Kandungan lutein dan vitamin A yang terdapat dalam brokoli dapat memelihara dan menjaga kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa lutein yang tinggi dapat membantu mencegah penurunan fungsi mata seperti makula dan katarak. Selain itu vitamin A juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan retina mata Anda.

Menjaga Kesehatan Kulit

Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan proses penuaan. Selain itu, dapat pula membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat, lembab dan bercahaya. Brokoli juga baik untuk proses doteksifikasi kulit dan ditambah lagi vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli dapat membuat kinerja pencernaan berfungsi dengan baik sehingga dapat mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan kandungan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

Mencegah Kardiovaskular
Vitamin B6 dan Asam folat yang ada dibrokoli terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Jadi janganlah ragu dan malas untuk mengkonsumsi sayuran yang hebat ini. Dan pastinya harus diimbangi dengan pola hidup sehat serta olahraga secara teratur.

Mengontrol Tekanan Darah
Dengan kandungan magnesium dan kaliumnya yang tinggi, brokoli ini menjadi salah satu sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan kalsium dalam brokoli dapat menjaga dam memelihara kesehatan tulang dan gigi anda. Selain itu, vitamin K dalam brokoli juga dapat mencegah osteoporosis. Nah, bagi anda yang ingin tulang dan giginya sehat, konsumsilah sayur brokori secara rutin.

Mencegah Depresi
Jika seseorang kekurangan senyawa asam folat dalam tubuhnya, maka cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil, mudah mengalami depresi, daya ingat yang buruk, kelelahan, bahkan dapat lebih serius seperti skizofrenia. Hebatnya, brokoli mengandung asam folat dan vitamin B cukup tinggi yang dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur maka semua itu tidak akan jadi masalah buat anda.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dimana keduanya berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung senyawa fitokimia dan fitonutrien, termasuk sulforaphane, yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap efek radikal bebes.

Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Bayi

Mengkonsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil agar dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Kemudian, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli juga berperan dalam perkembangan otak bayi dalam kandungan atau janin.