May 10, 2016

Manfaat dan Khasiat Kopi Hijau Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pernahkah Anda mengkonsumsi kopi hijau? Bagaimana sih rasanya? Apakah sama dengan kopi seperti biasanya? Yah, kopi hijau memiliki kelebihan daripada kopi seperti biasanya yaitu mampu melangsingkan badan lho. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Gastroenterologi Research and Practice tahun 2011 menyimpulkan bahwa ekstrak kopi hijau atau green coffee lebih efektif untuk penurunan badan daripada plasebo. Selanjutnya dalam penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine menunjukan bahwa kandungan yang ada dalam kopi hijau dapat melindungi tubuh dari kenaikan berat badan karena dapat membuang atau memerangi lemak. Senyawa yang terdapat di dalam kopi hijau antara lain asam klorogenat yang bertindak sebagai antioksidan dan mengandung zat polifenol nabati. Asam klorogenat dalam kopi hijau dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, penurunan berat badan, diabetes, dan lain-lain. Lalu Apa saja manfaat yang ditawarkan kopi hijau untuk kesehatan tubuh bagi pengkonsumsinya? Berikut ulasan manfaat dan khasiat kopi hijau untuk kesehatan.

manfaat-kopi-hijau-untuk-kesehatan.jpg
Manfaat dan Khasiat Kopi Hijau Untuk Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hypertension Research menemukan bahwa kopi hijau dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan percobaan dengan menggunakan sampel sebanyak 117 orang pria dengan tekanan darah tinggi level ringan, yang diberi kopi hijau dan plasebo untuk dikonsumsi selama 28 hari. Hasil sampel menunjukan tekanan darahnya menurun daripada yang diberi palsebo.

Kaya Anti Oksidan
Biji kopi hijau mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa biji kopi hijau mentah yang belum diolah terdapat 100% murni zat asam klorogenik (CGA), yang merupakan ester asam caffeic yang mengandung antioksidan tinggi. Hal ini dapat menjaga kadar glukosa dalam aliran darah dan mencegah sel-sel kulit dari kerusakan.

Meningkatkan Metabolisme
Di dalam biji kopi hijau mengandung asam klorogenik juga dikenal sebagai pendorong metabolisme. Dan dapat meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dari tubuh kita, sehingga akan meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Apabila glukosa berkurang, maka tubuh akan membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Jadi biji kopi hijau dapat menambah pembakaran lemak dalam tubuh dan dapat menurunkan kelebihan berat badan.

Menekan Rasa Lapar
Jika Anda mudah merasa lapar, biji kopi hijau dapat membantu Anda dalam menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengontrol keinginan makan berlebihan. Jadi tubuh Anda akan mulai membakar timbunan lemak dan dapat menyingkirkan berat tambahan.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Tekanan darah tinggi rentan terhadap beberapa penyakit seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dan lain lain. Nah, hal tersebut dapat dicegah secara dini. Kopi hijau mengandung senyawa aspirin yang dapat memberikan dampak positif pada darah dengan mencegah platelet menggumpal. Dengan demikian arteri akan terhindar dari pengerasan dan sirkulasi darah keseluruh tubuh pun akan tetap lancar.

Menyembuhkan Penyakit Alzheimer
Penelitian yang dilakukan oleh Nutritional Neuroscience pada tahun 2012, menemukan bahwa ekstrak kopi dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit Alzheimer. Kopi hijau juga bertugas dalam melawan resistensi insulin.

Mengurangi Tingkat Kolesterol Buruk (LDL)
Low Density Lipoprotein (LDL) dikenal juga dengan kolesterol jahat yaitu penyebab terjadinya gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung.

Mencegah Penuaan Dini
Biji kopi hijau dapat mempertahankan bahan yang mudah menguap, jika tidak diolah dengan dipanggang. Teofilin, gamma-aminobutyric Acid (GABA), epigallocatechin gallate merupakan senyawa yang dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput.

Menyehatkan Rambut
Kandungan antioksidan dalam biji kopi hijau bermanfaatnya untuk rambut kita, karena kandungan antioksidannya dapat membantu melawan segala sesuatu yang bersifat racun dan merusak tubuh termasuk rambut. Selain itu, androgenetic alopecia juga dapat disembuhkan dengan ekstrak biji kopi hijau. Ekstrak biji kopi hijau ini berguna pula untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut helai demi helai secara signifikan.